Sabtu, 19 Februari 2011

kelas 7:Bill gates (the founder of Microsoft)

Secara Internasional kita mengenal Bill Gates sebagai salah satu pionir dalam bidang Program Komputer dan Seorang Pebisnis, Bill Gates memiliki popularitas dan kekayaan sebagai seorang pengembang software dan seorang entrepreneur. Gates bersama dengan Paul Allen adalah seorang pendiri perusahaan Microsoft di tahun 1974, Mereka mengembangan sistem operasi MS-DOS dan Window yang saat ini sangat populer dikalangan luas. Sebagai seorang CEO dari perusahaan Microsoft, Gates adalah salah satu orang yang berpengaruh dan pemimpin yang memiliki kekayaan yang sangat cukup banyak dalam bidang Industri komputer. Dalam beberapa tahun belakangan ini pun Biill Gates dikenal sebagai seorang yang dermawan.

William Henry Gates lahir pada bulan oktober tanggal 28 tahun 1955 di Seattle, Washington, dia tumbuh bersama dua saudara perempuannya dalam sebuah keluarga yang cukup makmur. Ayahnya , William H. Gates adalah seorang pengacara terkemuka, dan ibunya Mary adalah seorang guru sekolah.

Gates mengalami masalah pada saat dia memasuki sekolah SD, sehingga orangtuanya memasukan dia ke sekolah private. Disanalah dia pertama kali di perkenalkan dengan komputer, dan pada umur 13 tahun dia sudah mencoba untuk menulis program untuk dapat memainkan tic-tac-toe.

Di tahun 1973 Gates pindah Negara demi untuk memasuki Universitas Harvard. Selama di harvard, dia mengembangkan bahasa pemrograman BASIC untuk komputer personal pertama di dunia (PC), MITS Altair. Dua tahun kemudian pada saat umurnya 19 tahun, dia bersama teman semasa kecilnya Paul Allen meluncurkan perusahaan Microsoft, termotivasi oleh kepercayaan bahwa setiap bisnis dan setiap rumah seharusnya memiliki perangkat komputer. Akhirnya Gates dikeluarkan dari universitas Harvard karena dia ingin mencurahkan energinya ke perusahaan barunya.

Pada awal tahun 1980, Gates mengarahkan evolusi Microsoft dari pengembang programming ke anekaragaman produk software, sistem operasi dan softwrae aplikasi. Di tahun 1981, dibawah pimpinan Gates, Microsoft memperkenalkan MSDOS, sebuah system operasi untuk komputer personal yang diproduksi oleh perusahaan International Business Machines (IBM). MS-DOS menjadi system operasi standar untuk mayoritas personal komputer di dunia.

Pada tanggal 13 Maret tahun 1986, Microsoft mulai memasukan pasar saham. Angka awal saham untuk perusahaan Microsoft adalah $21. Dan pada saat Bill Gates berumur 31 tahun, dia telah menjadi orang yang paling kaya di Amerika. Saham yang dia miliki melewati angka $ 2,8 Miliar. dan pada tahun 1999 dia dilaporkan menjadi orang yang paling kaya di dunia dengan kekayaan lebih dari $50 Miliar.

Pada pertengahan tahun 1990 Gates secara dramatis mengubah arah dari keseluruhan perusahaannya dan memulai fokus ke pengembangan internet. Selama beberapa tahun usahanya, perusahaannya melakukan beberapa batu loncatan seperti mulai mengembangkan browser popular dengan nama Internet Explorer. Pada tahun 1998 Microsoft mendapatkan penghasilan $14.4 Miliar untuk tahun fiscal dan memiliki karyawan lebih dari 27.000 orang di 60 negara.

Micrososft menjadi subjek proses pengadilan Federal Anti-Trust yang mengancam Bill Gates membagi perusaahannya menjadi beberapa perusahaan kecil. Gugatan tersebut dibawah oleh depertemen kehakiman Amerika serikat, Menuduh Microsoft penghambat persaingan dari perusahaan perangkat lunak lainnya seperti Netscape, yaitu dengan menghubungkan Browser Internet Explorer dengan system operasi Window yang digunakan lebih dari 80 % pengguna komputer di dunia.

Selain kesenangan Bill gates dalam bidang Komputer, dia pun tertarik dengan bidang Biotechnology. Dan dia memiliki saham di perusahaan Darwin Molecular, anak perusahaan Inggris berbasis Chiroscience dan duduk di atas perusaan Icos. Gates pun mendirikan perusahaan Corbis, yang mengembangkan salah satu sumber terbsar dalam bidang Informasi visual di dunia.

Gates yang di publikasikan penulis, memiliki beberapa buku tentang visi Teknologi Informasi dan Social di masa depan. Bukunya dengan judul ”The Road Ahead” yang diterbitkan pada tahun 1995 di bawah New Yort Times menempati urutan buku terlaris selama 7 minggu. Gates menyumbangkan hasil dari bukunya ke dana Non-Profit.

Sejak Microsoft menjadi perusahaan public, Gates telah menyumbangkan lebih dari $270 Juta untuk amal, memfokuskan terhadap pendidikan, persoalan populasi dan akses teknologi, $6 miliar donasinya ke Yayasan Bill dan Melinda Gates di tahun 1999 adalah amal yang terbesar yang diberikan oleh seorang individu. Sumbangan tersebut digunakan untuk mempercepat pengembangan dan mengurangi biaya Vaccines untuk malaria, TBC dan penyakit AIDS.

Gates menikah pada tanggal 1 Januari tahun 1994, dengan Melinda French Gates, yang merupakan seorang mantan executive Microsoft. Mereka memiliki dua anak Jennifer Katharine Gates yang lahir pada tahun 1996 dan Rory John Gates yang lahir pada tahun 1999.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar